Minggu, 09 Maret 2014

(tugas) peran komunikasi dalam organisasi


peran komunikasi dalam organisasi

1. pengertian dan arti penting komunikasi

pengertian komunikasi itu sendri adalah proses dimana seseorang melakukan pembicaraan kepada seseorang yang lain.
komunikasi sangat penting untuk dilakukan untuk mendapatkan beberapa informasi-informasi. komunikasi dapat dilakukan
dengan mudah dengan catatan bahwa yang melakukan komunikasi tersebut mengerti bahasa atau cara seseorang tersebut
kepada lawan bicaranya.


sumber referensi : buku "MANAJEMEN KANTOR PRAKTIS"
Penulis     : Abdul Jalaludin Sayuti, S.E., M..Hum., R
Penerbit     : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku     : 228 Halaman
Berat Buku     : 240 Gram



2. jenis dan proses komunikasi

ada 3 jenis komunikasi yg telah di kemukakan oleh (Soejono Trimo, Analisis Kepemimpinan Angkasa Bandung. 1986)
yaitu :

2.a.    Downward Communication
Koordinasi melalui rencana yang telah dibuat (by plan)
yang dapat dikatakan koordinasi itu mencapai bentuk komunikasi
yang akhirnya berjalan kebawah. Komunikasi ini bersifat
satu arah dari pemimpin kepada bawahanya. Informasi yang
disampaikan meliputi antara lain, kebijaksanaan pemimpin,
peraturan, ketentuan yang harus diikuti oleh pekerja. jadwal
kegiatan atau program dan alokasi sumber-sumber.

2.b.    Upward Communication
Koordinasi melalui umpan balik (feed back), berarti komunikasi
teratur keatas, dari bawahan kepimpinan terutama dalam
melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat teknis,
pemimpin atau manajer sangat memerlukan input informasi
yang berupa laporan, saran dari bawahan untuk dapat
mengkoordinasikan seluruh kegiatan itu.

2.c.    Komunikasi Horizontal atau Diagonal
Koordinasi melalui interaksi lateral sebenarnya merupakan satu
alur komunikasi atau informasi yang sifatnya horizontal atau
diagonal antar departemen/unit-unit dalam organisasi.

sumber artikel : http://www.sarjanaku.com/2012/09/pengertian-komunikasi-teori-fungsi.html


3. komunikasi efektif

komunikasi yg efektif itu akan terjadi jika kita menyampaikan
pesan dengan jelas, minta tanggapan dari penerima pesan,
saling percaya dan menghormati,
komunikasi yg efektif itu tidak akan terjadi jika adanya
kesalah pahaman antara seseorang tersebut dengan lawan bicara
atau bisa di bilang salah tanggap.
salah paham biasanya terjadi karna perbedaan bahasa atau budaya
antara satu dengan yang lainnya.

sumber referensi artikel : http://careers.jobstreet.co.id/work/tips-komunikasi-yang-efektif
4. implikasi manajerial

implikasi manajerial ( contoh kasus ) yang akan saya ambil
yaitu hrd, HRD dalam menyeleksi setiap karyawan yang melamar
ke perusahaannya akan di tanyain sebuah pertanyaan seputar
pendidikan, skill, dll. dan ketika HRD berkomunikasi dengan
sang pelamar kerja , HRD membutuhkan komunikasi yang baik serta
detail untuk dapat mengetahui profil sang pelamar kerja.

sumber referensi buku : Intergrated HRD (Human Resources Development)
Berat          : 0.49 kg
Tahun          : 2009
Halaman     : 222
Penerbit     : Grasindo
Kategori     : Buku › Bisnis & Keuangan › Manajemen & Organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar